Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Siak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ciptakan SDM Unggul dengan Peningkatan Kualitas Pendidikan

  • Oleh Donny Damara
  • 07 Mei 2022 - 16:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengatakan untuk menciptakan SDM unggul kualitas pendidikan harus bisa lebih ditingkatkan.

Pasalnya, pendidikan merupakan salah satu ujung tombak pembangunan kualitas SDM, sehingga bisa menghasilkan generasi penerus yang mampu bersaing.

"Karena semakin banyak SDM berkualitas yang tercipta maka akan bagus untuk masa depan daerah terutama pada bidang pembangunan," ucapnya, Sabtu, 7 Mei 2022.

Dia menjelaskan, dalam upya meningkatkan kualitas pendidikan beberapa hal perlu dilakukan seperti memperluas akses program edukasi berkualitas tinggi sejak dini dan fokus pada perekrutan, pelatihan serta dukungan terhadap guru.

Selain itu juga mengadakan program intensif untuk menurunkan persentasi drop out, mendukung program belajar di perguruan tinggi, meningkatkan high-guality of individu, dan dukungan pemerintah untuk menyediakan beasiswa bagi masyarakat.

"Yang paling penting peningkatan kualitas pendidikan itu harus dimulai dari guru, karena jika guru itu berkualitas maka otomatis dapat menurunkan ilmunya dengan baik kepada peserta didik," sebutnya.

Di sisi lain, pembangunan sarana dan prasarana atau fasilitas pendidikan secara merata juga tak luput menjadi perhatian, tidak hanya memperhatikan sekolah yang berstatus negeri, namun juga swasta khususnya diwilayah pelosok.

Menurutnya, di Kalteng sendiri ada begitu banyak fasilitas pendidikan yang kurang memadai sebagai sarana belajar-mengajar serta sebaran guru yang tidak merata.

"Tentu kita berharap, kedepan ini dapat mejadi fokus yang sangat penting menjadi perhatian pemerintah, karena tolak ukur kemajuan suatu daerah salah satunya yakni pada bidang pendidikan," tukasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru