Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karawang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kotim Sesalkan Masih Ada Warga Buang Sampah Sembarangan di Pantai

  • Oleh Naco
  • 08 Mei 2022 - 17:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Dadang H Syamsu menyayangkan adanya pembuangan sampah sembarangan di objek wisata Pantai Ujung Pandaran.

"Kami menilai itu cerminan buruk dengan tidak memperhatikan kebersihan pantai itu sendiri," katanya Minggu, 8 Mei 2022.

Selain itu, kata dia, pihak pengelola juga setengah hati menggarap sektor itu. Salah satunya, tidak menyediakan tempat dan kantong sampah di bibir pantai.

"Ini perlu menjadi perhatian serius bersama. Jangan sampai pantai yang menjadi kebanggaan kita itu kotor dan membuat wisatawan tidak mau lagi datang berkunjung. Nanti daerah dan pedagang yang rugi," ucap Dadang.

Dadang menekankan kepada pengelola di pantai itu harus aktif menyampaikan untuk membuang sampah harus pada tempatnya.

"Apalagi sudah ke arah bisnis dengan orientasi profit tentunya untuk kebersihan pantai memang harus diperhatikan dan diprioritaskan," tegasnya.

Dadang tidak ingin fenomenal Pantai Ujung Pandaran yang baru bertumbuh menjadi objek wisata ini dirusak dengan perilaku-perilaku membuang sampah di pantai tersebut.

Pemerintah daerah kedepannya perlu membuat regulasi kepada pengelola  objek wisata untuk hal kewajiban dan tanggung jawab yang wajib dilaksanakan.

Manakala, kata dia, kebiasan buang sampah dipantai seperti itu tidak diedukasi, maka ke depannya kultur seperti itu akan merusak dan orang luar daerah menjadi enggan berkunjung.

"Jadi yang rugi siapa  pada akhirnya yaitu pengelola dan masyarakat di situ juga,” tegasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru