Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mukomuko Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Banjir Dalam Kota, Drainase dan Anak Sungai Harus Normal

  • Oleh Naco
  • 09 Mei 2022 - 09:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Riskon Fabiansyah mendorong agar  pemerintah daerah segera melakukan normalisasi drainase dan anak sungai untuk mencegah banjir di Kota Sampit.

Selain itu juga Bupati diminta menugaskan para lurah dan camat untuk memastikan lingkungannya bersih  semua hingga ke saluran dan drainase ke pembuangan sungai utama.

"Pemkab Kotim di tahun ini harus segera melakukan normalisasi drainase dan anak sungai dalam kota, karena masalah ini akan mengganggu aktivitas masyarakat dalam rangka menggiatkan ekonomi," kata Riskon, Senin, 9 Mei 2022.

Politisi Partai Golkar ini menilai, curah hujan yang tinggi di Sampit dan sekitarnya akhir-akhir ini menandakan potensi banjir juga meningkat. 

Kekhawatiran itu terbukti, akibat curah hujan yang tinggi mengakibatkan  meluapnya air dari saluran drainase. Bahkan kerap  ketika air pasang Sungai Mentaya juga akan membuat banjir hujan ini kerap merendam permukiman warga.

Di sisi lain ia juga meminta pemerintah kabupaten melalui Bupati mengeluarkan kebijakan untuk mengajak Ketua RT/RW menggalakkan kembali program gotong-royong untuk membersihkan drainase di lingkungan masing-masing.

"Bila terjadi curah hujan tinggi, dampak banjir bisa diminimalisir, karena banyak kita melihat saluran drainase kurang terawat," tandasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru