Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Palangka Raya Lanjutkan Pembahasan 2 Raperda Ini

  • Oleh Hendri
  • 09 Mei 2022 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hari pertama masuk kerja usai cuti bersama lebaran 2022, para anggota DPRD Kota Palangka Raya menggelar rapat pembahasan terhadap 2 Rancangan Perda (Raperda) yang telah diajukan.

Membuka rapat tersebut, Ketua Bapemperda, Vina Panduwinata mengatakan dua raperda yang akan dibahas adalah Raperda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Raperda tentang Pencegahan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh.

"Kedua raperda ini telah diajukan serta disetujui untuk dibahas antara DPRD dan Pemko dalam rapat paripurna pada bulan Maret kemarin. Seluruh fraksi DPRD juga setuju, maka sesuai agenda kerja Bapemperda, kini sudah masuk dalam pembahasan dan bedah materi untuk segera dimatangkan," kata Vina. 

Adapun sejumlah alasan diajukannya kedua raperda tersebut, khususnya Raperda tentang pencegahan kawasan kumuh merupakan langkah Pemko dalam melaksanakan ketentuan dalam UU Nomor 1/2011 tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Peraturan ini menyatakan pencegahan kawasan dan pemukiman kumuh harus dilakukan, guna meningkatkan taraf kehidupan dan penghidupan masyarakat. Sebelumnya raperda tersebut diprakarsai oleh Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan. 

"Karena setiap orang berhak hidup sejahtera dan sehat, maka Pemko harus berperan memberikan kemudahan dalam meraih pemukiman berbasis kawasan lingkungan," jelasnya.

Kemudian Pengelolaan Keuangan Daerah yang diajukan oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), diusulkan dalam rangka tertib adminitrasi keuangan daerah.

"Kami harapkan agar pembahasan materi antara DPRD dan Pemko bisa berjalan baik dan lancar, agar Raperda ini bisa segera menjadi Perda dan segera diimplementasikan untuk menjawab tantangan serta dinamika yang terjadi di masyarakat maupun pemerintahan daerah," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru