Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karang Asem Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Habitat Buaya Diduga Dekat dengan Lokasi Pantai Kalap

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 10 Mei 2022 - 11:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Buaya muara yang muncul di perairan Pantai Kalap, Kecamatan Teluk Sampit diduga berhabitat tak jauh dari lokasi kemunculan.

Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah menduga buaya berasal dari sungai tak jauh dari lokasi kemunculan. "Di sekitar situ ada sungai mungkin jaraknya hanya puluhan meter," ungkapnya, Selasa, 10 Mei 2022. 

Selain dari sungai itu, Muriansyah juga mengungkapkan ke arah Kabupaten Seruyan ada kubangan atau bekas galian tambang pasir zirkon atau puya. 

"Nah bisa juga dari bekas-bekas galian tambang itu. Sebab di situ banyak juga terdapat ikan, yang bisa menjadi bahan makan buaya," jelasnya. 

Rencananya BKSDA akan mengobservasi ke lokasi kemunculan buaya hari ini, 10 Mei 2022. Pihak BKSDA akan memastikan penyebab kemunculan buaya di lokasi itu. 

"Kami akan ke lokasi mencari tahu dan menggali  informasi tentang dugaan asal usul buaya dan penyebab kemunculan buaya di lokasi tersebut. Kami juga akan memasang papan peringatan atau spanduk di sekitar lokasi kemunculan," katanya. 

Pengunjung pantai pun diminta berhati-hati. Serta tak berenang terlalu jauh dari bibir pantai untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. (USAY NOR RAHMAD/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru