Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres Imbau Warga Bantaran Sungai untuk Hati-hati Sungai Katingan Pasang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 Mei 2022 - 12:11 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo mengimbau kepada warga masyarakat terutama yang bermukim di bantaran sungai, termasuk Sungai Katingan agar selalu berhati-hati seiring meningkatnya debit air sungai yang pasang. 

"Saat ini debit air Sungai Katingan  meningkat, kita mengimbau kepada masyarakat sekiranya bisa berhati-hati dan mengantisipasi terutama baik yang sering beraktivitas di wilayah perairan, atau memiliki rumah permukiman di sepanjang bibir sungai," ujar Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo, Selasa 10 Mei 2022.

Dengan kondisi cuaca yang ditandai dengan curah hujan yang mulai meningkat, warga masyarakat diharapkan agar waspada oleh kondisi gelombang dan kenaikan air yang mulai signifikan.

Kapolres mengingatkan kepada warga terutama yang bermukim di bantaran sungai agar sebisa mungkin  melakukan pemantauan terkait kekuatan pondasi bangunannya. 

Hal ini untuk menghindari hempasan dan kenaikan gelombang yang dimungkinkan dapat memengaruhi terhadap kekuatan bangunan rumah. 

"Demikian anak-anak kecil juga untuk sementara waktu jangan sampai hilang pengawasan ataupun ikut dalam aktivitas perairan, mudah-mudahan beberapa hari ke depan situasi kondisi aman dan aktivitas bisa kembali normal," harapnya. 

Sementara itu dari informasi yang diperoleh borneonews.co.id, tiga hari setelah lebaran kemarin warga Desa Talingke, Kecamatan Tasik Payawan berduka. 

Hal ini karena 2 warga tersebut meninggal tenggelam di Sungai Katingan. Dua warga Talingke yang meninggal itu terdiri dari seorang  kakek dan cucunya.

Keduanya tenggelam di Sungai Katingan desa itu. Saat itu sang kakek bermaksud mengajak cucunya bermain dan mandi di tepi Sungai Katingan tepatnya seberang Desa Talingke. 

Namun saat sedang mandi sang cucu tenggelam dan terbawa arus sungai.  Kakeknya yang terkejut melihat cucunya tenggelam langsung berusaha mencari cucunya dengan menyelam, tapi kemuadian keduanya tidak muncul-muncul dan baru malam harinya mereka ditemukan warga dengan kondisi sudah meninggal. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru