Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dislutkan Kalteng Jalin Kerja Sama dengan Dislutkan Bali

  • Oleh Donny Damara
  • 10 Mei 2022 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka menindaklanjuti kerja sama antara Pemprov Kalteng dan Pemprov Bali di bidang pembangunan dan pengembangan potensi daerah, Dislutkan Kalteng menjalin kerja sama dengan Dislutkan Bali.

Kerja sama itu dilakukan dengan menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) antara kedua belah pihak dalam hal ini yakni Kepala Dislutkan Kalteng, Darliansjah dan Kepala Dislutkan Bali, I Made Sudarsana.

"PKS ini merupakan landasan bagi kedua provinsi untuk melakukan berbagai kerja sama pada berbagai kegiatan yang saling menunjang tugas dan fungsi sektor kelautan dan perikanan," kata Darliansjah, Selasa, 10 Mei 2022.

Selain itu, kerja sama tersebut juga bertujuan dalam percepatan pembangunan, pengembangan kelautan dan perikanan dengan optimalisasi pemanfaatan potensi, keahlian dan fasilitas yang dimiliki masing-masing provinsi dalam rangka, meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing sesuai kewenangan yang ada pada Dislutkan Kalteng dan Bali.

Darliansjah mengungkapkan beberapa potensi yang dapat dilakukan kerja sama antara lain, pemasaran produk olahan serba ikan, pemasaran ikan hias Khas Kalteng, Wisata Bahari Gosong Senggora, pemasaran dan alih teknologi benur udang galah, pemasaran ikan lokal unggulan Kalteng seperti ikan gabus, ikan Betok, ikan Tapah, ikan Betutu dan ikan lokal lainnya.

Dirinya menilai, implementasi PKS ini akan berdampak pada peningkatan daya saing, peningkatan keunggulan komperatif dan keunggulan kompetitif pelaku usaha perikanan Kalteng di kancah nasional maupun global.

"Selain itu juga berdampak pada peningkatan pendapatan UMKM perikanan, yang pada gilirannya sektor kelautan dan perikanan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian dan PAD Kalteng," pungkasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru