Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yalimo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Bentuk Satgas Penanganan Hepatitis Akut

  • Oleh Nopri
  • 10 Mei 2022 - 23:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo menyampaikan, pihaknya telah membentuk satgas khusus untuk menangani penyakit hepatitis akut.

"Kita sudah membuat satgas khusus untuk menangani penyakit hepatitis akut. Satgas itu sudah kita fungsikan, untuk terus melakukan pemantauan dan pengawasan di seluruh kabupaten dan kota," katanya, Selasa 10 Mei 2022.

Berdasarkan pemantauan tim Dinas Kesehatan Kalteng, penyakit hepatitis akut masih belum terdeteksi di wilayah  Kalteng namun saat ini pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap penyakit tersebut.

Sementara itu Direktur RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya, Yayuk Indriaty mengaku telah menyiapkan segala keperluan, jika penyakit hepatitis akut terdeteksi.

"Saat ini kita masih mengkonsolidasikan secara internal. Artinya apabila memang ditemukan pasien hepatitis akut, RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya siap untuk menangani," katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk membantu dan berpartisipasi dalam rangka mencegah penyebaran penyakit hepatitis tersebut. Menurutnya sumber dari penyebaran penyakit hepatitis akut tersebut berasal dari sanitasi lingkungan yang kurang baik.

"Untuk itu kita harus tetap menjaga kebersihan lingkungan, sering mencuci tangan, apabila makan diluar tetap harus memperhatikan kebersihan agar penularan hepatitis dapat dihindari," tutupnya. (NOPRI/B-11)

Berita Terbaru