Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Ketua DPRD Katingan Harap Realisasi APBD Digenjot

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 Mei 2022 - 10:51 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Ketua DPRD Katingan, Nanang Suriansyah menuturkan hingga memasuki triwulan dua realisasi pelaksanaan APBD di Kabupaten Katingan dinilai masih rendah.

"Hingga memasuki triwulan dua ini kan masih rendah, dan saya selaku pimpinan DPRD menyarankan kepada pemerintah daerah dinas teknis terkait supaya secepatnya melakukan realisasi anggaran itu," tuturnya, Selasa 10 Mei 2022.

Misalnya dari sektor pembangunan baik infrastruktur jalan maupun sekolah yang sudah disepakati di APBD. 

"Mumpung cuacanya bagus, cukup mendukung, dan kita tidak tahu keadaan iklim ini itu berubah-ubah bisa musim hujan ean terjadi banjir lagi, ini membuat kendala nantinya dalam rangka capaian merealisasikan kegiatan tersebut," katanya.

Untuk itu pemerintah daerah melalui dinas teknis agar secepatnya melakukan pelelangan proyek dan sebagainya, baik yang lelang maupun yang penunjukan. 

Dengan adanya keterlambatan ini, Nanang Suriansyah khawatir nantinya ada pekerjaan yang tidak slesai sesuai ketentuan. 

"Karena APBD itu sudah disetujui, sudah disepakati secara bersama-sama akhirntahun 2021 itu kan sudah ada kesepakatan bersama, kenapa harus kita sepakati sesuai dengan jadwal yang ada supaya pemerintah daerah secepat mungkin melakukan persiapan sekaligus eksen merealisasi capaian anggaran itu agar bisa secepatnya dimanfaatkan dan dirasakan oleh masyarakat kita," tegasnya.

Dari kacamata dirinya, jika capaian realisasi APBD Katingan saat ini dinilai lambat. Untuk itu kinerja pemerintah ini harus dipacu untuk mengejar keterlambatan ini. 

"Memang yang sudah jalan itu ada, tapi masih banyak yang belum, makanya saya mengimbau supaya realisasi APBD ini sesegera mungkin untuk digenjot," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru