Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Bengkulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buaya Berkeliaran di Pantai Kalap Diduga Berasal dari Sungai Purun

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 12 Mei 2022 - 12:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit telah mengobservasi kemunculan buaya di sekitar perairan Pantai Kalap, Kecamatan Teluk Sampit. Hasil observasi petugas diduga buaya berasal dari Sungai Purun, tak jauh dari lokasi kemunculan. 

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah menjelaskan, hal itu diketahui dari keterangan pengelola tempat wisata dan nelayan yg sering beraktivitas di sekitar pantai daerah Kalap. 

"Diduga kuat buaya yang direkam kamera warga beberapa hari berasal dari Sungai Purun itu," ungkapnya, Kamis, 12 Mei 2022. 

Sungai Purun merupakan salah satu sungai yang mengarah langsung ke laut. Di sungai itu banyak terdapat ikan dan kerap jadi lokasi pemancingan warga. 

BKSDA mengobservasi kemunculan buaya itu, Rabu, 11  Mei 2022. Dengan ditemani seorang personel Manggala Agni, BKSDA mencari informasi asal-usul buaya dan mengamati lingkungan yang diduga sebagai habitat buaya. 

Petugas pun memasang papan peringatan di muara Sungai Purun dan di tepi jalan negara yang menghubungkan Kabupaten Kotim dan Kabupaten Seruyan. 

"Nah di tepi jalan tadi, sering ada aktivitas pemancingan oleh warga sekitar dan wisatawan," tambah Muriansyah. (USAY NOR RAHMAD/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru