Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Ini Sebut PBS Wajib Kantongi HGU

  • Oleh Donny Damara
  • 12 Mei 2022 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng juga sebagai Ketua Komisi IV, M Sriosako menyebut perusahaan besar swasta (PBS) wajib mengantongi izin hak guna usaha (HGU) dalam beroperasi.


Dia mengatakan, tanpa adanya izin HGU maka perusahaan sudah melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui perundang-undangan, dan itu dapat dikenakan sanksi berlaku.

"Jika perusahaan tetap beroperasi tanpa mengantongi izin HGU, maka pemerintah bisa memberikan sanksi berlaku, jadi HGU ini penting bagi perusahaan yang beroperasi," ucapnya, Kamis, 12 Mei 2022.

Dirinya mengimbau, terutama bagi perusaan yang beroperasi di wilayah Kalteng supaya dapat mentaati aturan dengan mengurus izin HGU dan perizinan lainnya terkait operasional perusahaan.

Dia mengungkapkan, berdasarkan informasi yang pihaknya dapatkan, masih ada banyak PBS di Kalteng terutama perusahaan perkebunan yang belum memiliki izin HGU. Oleh karenanya, ia meminta bagi perusahaan yang belum memiliki izin tersebut supaya dapat segera mengurusnya.

"Izin HGU ini kan merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi ketika perusahaan hendak beroperasi agar aktivitas perusahaan bisa berjalan lancar, jika tidak memilikinya maka itu melanggar aturan. Terkait izin juga, itu salah satu yang wajib dipenuhi supaya sama-sama menguntungkan baik perusahaan maupun daerah dan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, ia mendorong pemerintah di daerah khsusunya Kalteng agar bisa mengevaluasi setiap PBS yang beroperasi di provinsi ini terkait perizinan. Pasalnya, jika dibiarkan maka hal itu dapat merugikan daerah.

"Jika memang ada ditemukan PBS yang tidak memiliki kelengkapan perizinan, itu agar diberikan sanksi atau dilarang beroperasi sampai semua izinnya lengkap, jika masih tetap melanggar maka pemerintah wajib menutup perusahaan itu," tegasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru