Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Percepat Pengembangan Koperasi, Diskop dan UMKM Kalteng Jalin Kerja Sama dengan Bali

  • Oleh Donny Damara
  • 12 Mei 2022 - 21:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka mempercepat pengembangan atau pembangunan koperasi di Kalteng, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop dan UMKM) Kalteng menjalin kerja sama dengan Diskop dan UMKM Bali.

Terjalinnya kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara Pemprov Kalteng dan Pemprov Bali terkait kerja sama pembangunan dan pengembangan potensi daerah yang tertuang dalam MoU nomor 075/02/KB/B.Pem.Kesra/III/2022 dan nomor 02/KB/KSDD-KTG/2022.

"Maksud dari terjalinnya kerja sama ini merupakan dalam rangka percepatan pembangunan dan pengembangan koperasi dan UMKM dengan optimalisasi pemanfaatan potensi serta keahlian yang dimiliki oleh masing-masing pihak sesuai kewenangan yang ada pada Diskop dan UMKM Kalteng dan Diskop dan UMKM Bali," ungkap Plt Kepala Diskop dan UMKM Kalteng, Norhaini, Kamis, 23 Mei 2022.

Ruang lingkup dari perjanjian kerja sama ini yaitu meliputi pengembangan akses pemasaran dan promosi produk UKM baik melalui jaringan E-Commerce, pengembangan inovasi produk UKM diantaranya kerajinan rotan, tenun, batik, ukiran atau patung, batu permata dan anyaman purun.

Selanjutnya, pengembangan kapasitas SDM berupa ketrampilan bagi pelaku UKM melalui pelatihan vokasional, bimbingan teknis mutu dan pemasaran produk, pertukaran data dan informasi, UKM, penyediaan narasumber, peningkatan koordinasi dan suoervisi bersama, serta monitoring dan evaluasi.

Norhani berharap dengan adanya kerja sama tersebut dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka peningkatan kunjungan dan pengembangan akses pemasaran, pengembangan SDM dan kemitraan bagi produk UKM khususnya di Kalteng.

"Setelah adanya kerjas sama ini juga Diskop dan UMKM Bali akan melakukan kunjungan ke Kalteng untuk melihat potensi UKM yang ada di Kalteng sekaligus membahas rencana aksi dan program selanjutnya," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru