Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aty Djoedir: FBIM Ajang Promosi Adat Budaya Daerah

  • Oleh Uriutu
  • 13 Mei 2022 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Wakil  Bupati Barito Selatan, Satya Titiek Atyani Djoedir, menyebutkan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) sebagai sarana mempromosikan adat dan budaya daerah.

Hal tersebut disampaikan wakil Bupati saat melepas peserta atau kontingen FBIM Barsel, di aula kantor Bupati, Jumat, 13 Mei 2022.

Aty Djoedir mengatakan, FBIM ini merupakan agenda tahunan dalam rangka merayakan Hari Jadi Provinsi Kalteng yang ke-65.

Melalui FBIM ini, lanjut dia, masing-masing daerah menampilkan adat budayanya.

“Kegiatan ini sangat penting bagi daerah kita untuk mempromosikan adat budaya, sehingga bisa menjadi nilai tambah bagi Barsel,” kata Satya Titiek Atyani Djoedir.

Tak hanya itu, sambung dia, juga belajar dari daerah lain dalam mengelola kebudayaan dan pariwisata.

Menurutnya, sektor kebudayaan dan pariwisata jika dikelola dengan baik mampu meningkatkan perekonomian daerah.

Dengan alam yang masih asri dan unik, juga keragaman budaya menjadi daya tarik bagi wisatawan berkunjung ke Kabupaten berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

“Kita berharap kontingen kita meraih prestasi untuk mengharumkan nama daerah. Serta pertahankan posisi 3 besar yang selalu didapatkan, bahkan kalau bisa menjadi nomor 1 di Kalteng,” ucap dia.

Sementara kepala Disporaparbud, Dr Manat Simanjuntak mengatakan kontingen Barsel yang mengikuti FBIM ini berjumlah 142 orang mengikuti 11 cabang lomba, terdiri 103 atlet, 39 official dan panitia.

Adapun lomba yang diikuti tarian daerah, karnaval, Balogo, Bagasing, mangaruhuei, manyumpit, Lawang sakepeng, maneweng, pemilihan putra putri pariwisata dan malamang. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru