Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tidore Kepulauan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Pulang Pisau Ikuti Apel Siaga TPL

  • Oleh Asprianta
  • 13 Mei 2022 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau, mengikuti Apel Siaga Nasional Tim Pendamping Keluarga (TPK) secara daring melalui aplikasi zoom cloud meeting di Ruang Rapat Bupati Pulang Pisau, Kamis (12/5/2022). 

Kegiatan tersebut sekitar 514 peserta zoom dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia.

Di Pulang Pisau sendiri, kegiatan Zoom Meeting tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tony Harisinta, didampingi oleh unsur Forkopimda daerah setempat.

Terus diikuti Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Dinas P3AP2KB Pulang Pisau, Ketua TP PKK Pulang Pisau, dan Ketua TP PKK Desa Hanjak Maju Kecamatan Kahayan Hilir. 

Apel Siaga Nasional kali ini dipusatkan di Alun- Alun Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridawan Kamil, didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Ketua TP PKK Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil, Bupati Subang H Ruhimat berserta jajarannya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen TPK pada sebuah "Gerakan Pendamping Keluarga", mulai dari pendampingan bagi calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca salin, dan anak usia di bawah dua tahun (Baduta) dalam upaya percepatan penurunan angka Stunting di Indonesia.

Di sela kegiatan, Sekda Pulang Pisau,  menyerahkan dokumen terkait data stunting kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini kepada TPK daerah setempat. 

Dalam sambutan Kepala BKKBN, Dr (HC) dr Hasto Wardoyo SpOG (K) dalam apel siaga TPK Bergerak mengatakan, 600 ribu personel yang bertugas melakukan penyuluhan, memfasilitasi pelayanan rujukan dan memfasilitasi pemberian bantuan sosial serta melakukan surveilans kepada sasaran keluarga berisiko stunting. 

"Jumlah keluarga berisiko stunting ini harus ditekan seminimal mungkin. Mari kita bekerja secara optimal,” kata Hasto dalam Apel Siaga TPK Bergerak di alun-alun Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala DP3AP2KB dr Bawa Budi Raharja mengatakan, Apel Siaga Nasional Tim Pendampingan Keluarga ini bertujuan untuk menyamakan tujuan visi dan misi dari tingkat provinsi, kabupaten hingga desa terkait dengan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pulang Pisau.

"Intinya kegiatan ini untuk menyamakan persepsi, menyatukan gerak, dari tingkat Provinsi, Kabupaten, Desa yang misi utamanya adalah membuat gerakan percepatan penurunan Stunting di Wilayah Desa, Kecamatan, sampai Kabupaten," terang dr Bawa. (ang)

Berita Terbaru