Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Utara Imbau Masyarakat Antisipasi Banjir

  • Oleh Ramadani
  • 14 Mei 2022 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Tingginya curah hujan dibeberapa wilayah di Kabupaten Barito Utara menyebabkan sebagian desa terendam banjir dengan ketinggian yang terbilang cukup tinggi antara 30 hingga 50 cm bahkan ada juga hingga ketinggian 1,5 meter. 

Berdasarkan pantauan BMKG kota Palangka Raya, sejak beberapa waktu lalu hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi telah mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Barito Utara.

Anggota Komisi III DPRD Barito Utara, Iqbal Reza Erlanda mengatakan seperti yang diketahui saat dikeluarkannya pemberitahuan dari BMKG terkait perkiraan cuaca di beberapa daerah khususnya Barito Utara sendiri yang juga terkena dampak hujan tersebut.

"Saat ini kita memasuki musim hujan yang tidak dapat diperkirakan, maka dari itu agar kita semua dapat menyiagakan akan banjir susulan yang datang kembali nantinya," katanya. 

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Barito Utara, Gazali Montallatua melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, M Murdianoor memberikan imbauan kepada masyarakat yang khususnya berada disekitar bantaran sungai maupun anak sungai Barito untuk tidak membuang sampah di sungai, yang mana dampaknya akan mengalami banjir hingga kerusakan lingkungan.

“Ada beberapa hal untuk mewaspadai datangnya bencana banjir seperti memantau informasi cuaca dari BMKG, menyiagakan tim saga bencana, menyimpan barang yang penting ke tempat aman, hindari pohon besar, baliho dan saluran air atau gorong-gorong serta selalu terapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun),” katanya. (RAMADHANI/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru