Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guru Penggerak Kembangkan Pendidikan Masa Kini

  • Oleh Uriutu
  • 14 Mei 2022 - 13:51 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Kepala Dinas Pendidikan Barito Selatan, Su’aib menyebutkan bahwa guru penggerak mengembangkan pendidikan model baru atau masa kini.

Hal ini disampaikan Kepala Disdik usai membuka penyusunan panduan pendidikan guru penggerak angkatan 3, lokakarya 7 dengan tema ‘Festival Panen Hasil Belajar’. Di GPU Jaro Pirarahan Buntok, Sabtu, 
14 Mei 2022.

“Program lokakarya 7 ini adalah pameran hasil dari 7 bulan melaksanakan pendidikan guru penggerak. Calon Guru Penggerak ini menampilkan hasil program unggulan yang telah dilaksanakan,” katanya.

Calon guru penggerak punya visa dan program sendiri dan hasilnya dipamerkan pada kegiatan ini. Intinya mereka para calon guru penggerak mengeksplorasi hasil selama 7 bulan melaksanakan melaksanakan pendidikan. 

Mereka menunggu 2 tahap lagi hingga menjadi Guru Penggerak.
“Alhamdulilah program yang ditampilkan melalui kegiatan ini bagus semua,” bebernya.

Guru penggerak ini diperlukan semua tenaga pendidik kedepannya. Pihaknya berharap semua guru menjadi guru penggerak. Karena sebagai guru penggerak mempunyai inovasi program yang jelas untuk mengembangkan potensi pembelajaran baik lingkungan dan potensi kewilayahan.

Contohnya memberikan life skill, yang paling inti mengembangkan karakter anak agar menjadi profil pelajar pancasila diperlukan upaya nyata yang bisa dilakukan anak-anak melalui guru penggerak ini.

Dia menyampaikan ke depannya ada sekolah penggerak, saat ini ada 12 sekolah sebagai sekolah penggerak tahap pertama, namun tahap kedua belum tahu berapa yang lulus.

Saat ini jumlah calon guru penggerak di Barsel baru ada 12 orang angkatan 3 dengan rincian 4 orang calon guru penggerak dari SMA/SMK dan 8 orang SD dan SMP.

Sementara sekolah penggerak ada 12 sekolah lulus tahap pertama. Untuk tahap kedua masih belum tahu yang lulus berapa. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru