Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Hasil Panen Belajar CGP Perwujudan Hasil Mengikuti Program

  • Oleh Uriutu
  • 14 Mei 2022 - 14:11 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Festival hasil panen belajar Calon Guru Penggerak (CGP) merupakan perwujudan selama 7 bulan hasil mengikuti program pendidikan sebagai guru penggerak.

“Setiap bulan kita mengadakan kegiatan lokakarya yang mempertemukan pelatih, calon guru penggerak dan juga unsur kami sebagai wali wilayah Barsel,” kata Wali penanggungjawab CGP Barito Selatan, Liza H Nurani, Sabtu 14 Mei 2022.

Ia mengatakan fasilitator dari widyaswara bergerak ke semua wilayah untuk mengetahui apa saja kendala dan kekuatan para calon guru penggerak ini.

Pihaknya juga yang memfasilitasi atau menjembatani antara Pemkab dalam hal ini dinas pendidikan. Calon guru penggerak di Barito Selatan berjumlah 12 orang dan pengajar prakteknya 3 orang.
“Semoga mereka ini lulus semua,” harapnya.

Dia menjelaskan tujuannya agar guru ppenggerak bisa mengambangkan  program pembelajaran bagaimana sains berkaitan dengan pembelajaran di sekolahnya, sehingga bisa mengajarkan kepada siswa bersifat produktif.

Misalnya mempunyai nilai tinggi contohnya misalnya ada penghasil telur itik. Jadi telur tersebut bisa dimanfaatkan apa saja agar tidak hanya dijual telurnya saja.

Namun bisa diolah agar mempunyai nilai jual lebih tinggi daripada harga telur nya sendiri. “Jika kita lihat hasil para calon guru penggerak selama 7 bulan sudah ada kreativitas terutama satuan pendidikannya terkait program pembelajaran merdeka belajar,” ucapnya.

Artinya tidak lagi guru yang mendominasi, namun sudah ada komunikasi dua arah. Seperti apa yang ingin anak didik pelajari para guru hanya membatasi tema seperti apa, sehingga siswa bisa memilih tema belajarnya. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru