Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Penyakit pada Hewan Ternak, Polsek Kapuas Murung Dampingi Peninjauan Peternakan Warga

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 Mei 2022 - 16:41 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dalam rangka mencegah terpaparnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak warga, personel Polsek Kapuas Timur mendampingi unsur Tripika kecamatan yang meninjau peternakan sapi.

Pelaksanaan sambang peternak sapi itu dilakukan di Desa Bina Sejahtera Kecamatan Kapuas Murung. Selain pengecekan, juga dilakukan pengawasan dan sosialisasi kepada masyarakat yang memiliki hewan ternak.

"Agar peternak dapat merawat, memelihara hewan ternaknya, dan rutin membersihkan lokasi peternakan sehingga terhindar dari penyakit mulut dan kuku," kata Kapolsek Kapuas Murung AKP Siti Rabiyatul Adawiyah, Sabtu 14 Mei 2022.

Cara ini untuk mengedukasi peternak terkait PMK pada ternak adalah melakukan sosialisasi ke lokasi dan bertemu dengan pemilik ternak sapi.

Kapolsek mengimbau pemilik sapi, bila ada gejala PMK pada ternaknya, segera lapor ke Dinas Pertanian pada Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kapuas untuk segera mendapat penangan dan akan dilakukan lokalisir.

"Pemilik sapi agar tidak panik bila mendapati gejala PMK, dan ternaknya jangan dilepas karena kemungkinan bisa menular ke ternak lainnya,” ucapnya.

Dari hasil melakukan pengecekan ke penangkaran atau peternakan milik warga di Desa Bina Sejahtera, belum ada tanda -tanda atau gejala pada ternak warga dan kondisinya semua dalam keadaan sehat. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru