Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Murung Raya Ingatkan Potensi Becana Dampak Musim Hujan

  • Oleh Trisno
  • 15 Mei 2022 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Wakil Bupati Kabupaten Murung Raya Rejikinoor, S.Sos menghimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap potensi banjir yang disebabkan oleh guyuran hujan lebat dalam beberapa kurun waktu terakhir.

“Wilayah kita ini sedang memasuki musim penghujan, saya harap masayarakat kota Puruk Cahu dapat mewaspadai potensi banjir, khususnya masyarakat yang tinggal di bantaran sungai barito dan dataran rendah seperti Desa Juking, wilayah Beriwit dan lainnya,” ucap Wakil Bupati.

Selain wilayah khusus dalam kota Puruk Cahu dirinya juga mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal di anak sungai Barito, seperti Sungai Tuhup, Sungai Babuat dan lainnya agar juga lebih waspada dan siap siaga terhadap kedatangan banjir serta penyakit menular.

“Saya juga memperingat kan untuk masyarakat yang tinggal di luar kota Puruk Cahu, agar mewaspadai banjir dan kemungkinan berjangkitnya penyakit menular, seperti diare, flu, demam berdarah dan penyakit menular lainnya, untuk itu masyarakat harus senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan,” tutur Rejikinor.

Menurut Kinoi sapaan akrab Rejikinoor, penyakit-penyakit tersebut sangat mudah menyerang masyarakat terlebih pada flu yang mana penyakit tersebut menyerang sitem kekuatan tubuh sehingga dapat menularkan kepada orang lain.

“Kalau flu dan apabila terjangkit segeralah berobat untuk memulihkan imun tubuh agar segera sembuh dan memakai masker agar tidak menularkan kepada orang lain,” imbuhnya.

Selain hal tersebut ia juga mengingatkan tentang wabah virus corona atau covid -19 yang masih harus tetap diwaspadai serta varian baru yang muncul bernama omicron.

“Mengingat menjaga imun tubuh disaat wabah seperti ini sangatlah penting untuk menghindari berbagai penyakit yang dapat bermunculan dan wabah virus yang menjangkiti,” kata Wakil Bupati.

Wabup juga meminta agar seluruh Jajaran BPBD untuk meningkatkan kesiagaan dan bergerak cepat untuk membantu masyarakat apabila bencana seperti banjir, tanah longor atau pohon tumbang terjadi khususnya masyarakat yang benar benar membutuhkan evakuasi atau bantuan kemanusiaan. (Trs)

Berita Terbaru