Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kebumen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Murid Karate Binaan Kodim 1012 Buntok Ikut Ujian Kenaikan Sabuk di Tamiang Layang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 Mei 2022 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Murid perguruan beladiri karate binaan Kodim 1012 Buntok mengikuti ujian kenaikan sabuk, Minggu, 15 Mei 2022. Kegiatan yang dilaksanakan di Markas Koramil 1012-04 Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur itu diikuti oleh 65 siswa dengan penguji berjumlah 8 orang.

Danramil 1012-04 Tamiang Layang, Kapten Inf M Kasand menyambut baik dan mendukung terlaksananya ujian kenaikan sabuk tersebut untuk mendukung dan mewujudkan program pemerintah yaitu memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

"Ini juga sebagai bentuk pembinaan generasi muda dan sebagai sarana olahraga agar terhindar dari perbuatan dan pengaruh negatif serta meningkatkan kemampuan teknik dan pengetahuan teknik pada karateka," ujarnya.

Menurutnya, kenaikan sabuk pada siswa karate bukan merupakan hadiah atau pemberian begitu saja tetapi sebuah proses panjang yang mereka lalui selama pelatihan yang hasil akhirnya ditentukan saat mengikuti ujian kenaikan tingkat.

"Melalui kegiatan kami berharap nantinya bisa memberikan bekal yang terbaik dan menciptakan atlet karate handal dari Barito Timur," imbuhnya.

Urutan tingkatan sabuk karate dimulai dari sabuk putih saat menjadi murid atau Kyu, kemudian akan berakhir di tingkat tertinggi sebagai ahli atau Dan.

Warna sabuk karate menunjukkan tingkat ilmu karate yang sudah dipelajari oleh seorang murid. Umumnya terdapat enam warna atau tingkatan yang dilewati sebelum masuk ke tingkat Dan atau sabuk hitam yang terdiri dari 10 tingkat. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru