Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini 9 Perlombaan yang Diikuti Kontingen Gunung Mas di FBIM 2022

  • Oleh Riska Yulyana
  • 16 Mei 2022 - 11:51 WIB


BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Gunung Mas Eigh Manto melalui Ketua Kontingen Kabupaten Gumas dalam Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2022 Elkewirke memaparkan terkait lomba apa saja yang diikuti oleh pihaknya.

"Kontingen Gunung Mas mengikuti sembilan perlombaan dari 17 kegiatan lomba yang diselenggarakan dalam FBIM tahun ini," ujarnya, Senin 16 Mei 2022.

Kesembilan perlombaan yang diikuti oleh kontingen Kabupaten Gumas yakni pertama, perlombaan tari daerah Kalimantan Tengah yang diwakili dari sanggar seni dan budaya Segah Batuah dari Kecamatan Tewah.

Kemudian lomba karungut putra dan putri yang diwakili oleh seniman dan budayawan dari Kecamatan Tewah. Selanjutnya, Kontingen Kabupaten Gumas juga mengikuti lomba Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalimantan Tengah yang diwakili oleh putra dan putri dari Kecamatan Kurun.

Lomba selanjutnya yang diikuti yakni lomba Mangaruhi putra dan putri yang diwakili oleh peserta dari Kecamatan Kurun. Lalu ada lomba Besei Kambe putri yang diwakili oleh atlet dari Kecamatan Kurun.

Selanjutnya ada lomba jukung tradisional putra yang diwakili oleh atlet dari Kecamatan Kurun. Untuk lomba balogo putra dan putri diwakili oleh atlet dari Kecamatan Kurun.

Kemudian juga mengikuti lomba habayang putra yang diwakili oleh atlet dari Kecamatan Miri Manasa. Lalu ada lomba lawang sakepeng putra dan putri yang diwakili oleh atlet tradisional dari Kecamatan Sepang dan Rungan Hulu.

Seyogyanya peserta lomba yang mengikuti FBIM merupakan pemenang dari lomba dalam pelaksanaan Festival Budaya Mihing Manasa tingkat Kabupaten Gunung Mas.

"Karena sejak adanya pandemi Covid-19, Festival Budaya Mihing Manasa tersebut tidak diselenggarakan. Olehkarena itu, dalam FBIM 2022 ini ditunjuklah sanggar seni dan budaya, atlet, seniman serta masyarakat Kabupaten Gumas yang memiliki kompetensi dan keahlian dalam lomba yang diikuti," tukasnya. (RISKA YULYANA/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru