Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Seruyan Diminta Normalisasi Irigasi Pertanian

  • Oleh ANTARA
  • 17 Mei 2022 - 12:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seruyan, M Aswin meminta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) melakukan normalisasi saluran irigasi pertanian masyarakat untuk pemeliharaan dan mengembalikan fungsi saluran menjadi lebih optimal.

“Normalisasi saluran irigasi sangat penting untuk memudahkan masyarakat khususnya petani dalam mengelola lahan pertanian mereka, sehingga dapat meningkatkan hasil panen,” kata Aswin, Selasa 17 Mei 2022.

Dengan optimalnya saluran irigasi diharapkan dapat lebih menyukseskan pertanian masyarakat, khususnya yang ada di daerah pemilihan II (Dapil II) yang meliputi Kecamatan Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Raya dan Danau Seluluk.

Apabila saluran irigasi pertanian tersebut tidak diperhatikan tentu bisa menyebabkan pendangkalan, akibatnya bisa menghambat proses pengolahan lahan. Terlebih lagi pada saat musim kemarau banyak lahan yang memerlukan air.

“Keadaan pertanian di dapil II pada saat ini sangat bagus, panen raya berlimpah ruah, namun untuk lebih menyukseskan lagi, kami harapkan agar pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk melakukan upaya normalisasi saluran irigasi,” harapnya.

Selain mendorong upaya normalisasi saluran irigasi, pihaknya juga mengharapkan Dinas Pertanian memaksimalkan program cetak sawah. Ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan lahan-lahan masyarakat yang sudah tersedia.

Program cetak sawah diharapkan bisa memaksimalkan lahan kosong yang tidak tergarap. Sehingga dengan demikian hasil pertanian di Bumi Gawi Hantantiring otomatis meningkat.

“Upaya-upaya seperti ini harus terus dilakukan oleh pemerintah, untuk menunjang dan lebih memaksimalkan lagi pertanian yang ada di Seruyan, diharapkan bisa mewujudkan swasembada pangan,” harapnya.

Politisi Partai Nasdem itu menambahkan, untuk meningkatkan hasil panen tersebut harus didukung semua pihak termasuk masyarakat. Terlebih petani, diharapkan bersungguh-sungguh dan lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas pertanian.

“Pemerintah maupun petani dan pihak lainnya harus saling bekerja sama supaya produksi padi di Seruyan bisa meningkat,” tandasnya.

ANTARA

Berita Terbaru