Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarmasin Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Targetkan Adipura Kencana Diraih Tahun Ini

  • Oleh Hendri
  • 17 Mei 2022 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Achmad Zaini menyatakan optimis tahun ini Kota Cantik mampu meraih penghargaan Adipura Kencana. Hal ini didasari sejumlah perbaikan dalam pengelolaan sampah hingga TPA.

“Penilaian Adipura Kencana sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Namun rencananya tahun ini akan kembali digelar. Kita optimis mampu masuk dalam kategori penerimaan penghargaan itu,” katanya, Selasa 17 Mei 2022.

Dia menjelaskan dalam 10 tahun terakhir yang kerap menjadi persolan dalam perolehan Adipura Kencana ialah sistem pengelolaan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Nilai yang diraih selalu rendah, padahal pengelolaan TPA memiliki skor tertinggi dalam penilaian.

Untuk meraih penghargaan Adipura Kencana, maka pembenahan TPA tidaklah cukup. Akan tetapi penyelesaian masalah kebersihan di dalam kota seperti penanganan sampah di lingkungan perumahan, kantor, hingga pasar harus dilakukan menyeluruh.

“Praktik pengurangan sampah, ketersediaan tempat pembuangan sementara (TPS) 3 R (Reduce, Reuse, Recycle) maupun konsep economy circular menjadi fokus pembenahan kami," ujarnya.

Dengan target ini ia berharap masyarakat dapat berpartisipasi dengan cara membuang sampah sesuai waktu dan tempat yang disediakan. Selain itu juga diharapkan masyarakat dapat mengurangi timbulan sampah dengan bergabung sebagai nasabah Bank Sampah agar sampat menjadi bernilai ekonomis. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru