Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Upaya Pencegahan PMK dengan Disinfektan Kadang Sapi

  • Oleh Norhasanah
  • 18 Mei 2022 - 10:51 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Salah satu upaya Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara dalam mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kaki atau PMK adalah dengan penyemprotan disinfektan di area kandang sapi.

"Terakhir Indonesia bebas PMK ini tahun 90, setelah itu sudah tidak ada kasus lagi, jadi setelah 30 tahun baru ada kasus PMK ini lagi," kata Kabid Peternakan DKPP Sukamara, Sri Pambudi, Rabu, 18 Mei 2022.

Jadi salah satu cara pencegahan yang bisa pihaknya lakukan saat ini adalah dengan disinfektan, mengingat penyebaran virus bisa dicegah dengan menyemprotkan disinfektan agar tidak menyebar luas dan menulari ternak lainnya.

"Jadi untuk pencegahan, kandang-kandang itu kita semprot dengan disinfektan, terus petugas yang keluar masuk juga kita harapkan disinfektan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Pambudi mengingatkan agar peternak tidak perlu kawatir berlebih, tetapi tetap harus waspada dengan memperhatikan ternaknya apabila memiliki ciri-ciri terjangkit PMK agar bisa melapor.

"Untuk ciri-ciri ternak sapi yang tertular penyakit mulut dan kaki ini, bisa dilihat dari air liur yang berlebihan, lidah sapi terdapat garis-garis putih seperti sariawan dan belahan kuku terdapat luka berwarna putih," tuturnya.

"Jadi setelah tertular satu atau dua hari itu, kukunya sudah kena, jadi kalau jalan empat kakinya sudah gantian seperti pincang," tambahnya.

Kabid Peternakan ini menambahkan bahwa saat ini dalam pemeriksaan pihaknya masih fokus diwilayah Kecamatan Sukamara, namun dalam waktu dekat pemeriksaan juga akan dilakukan untuk wilayah Kecamatan Balai Riam dan Kecamatan Permata Kecubung.

"Rencana untuk kedepan kemungkinan dalam minggu-minggu ini kita akan adakan pengawasan diwilayah atas, Balai Riam dan Permata Kecubung, kalau untuk Lunci dan Jelai inikan masih satu pintu dengan Sukamara, jadi untuk wilayah atas ini yang terbuka," tukasnya. (NORHASANAH/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru