Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Lokal Melalui Sektor Pertanian

  • Oleh Donny Damara
  • 18 Mei 2022 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Maruadi mengatakan pemerintah baik provinsi, kabupaten dan kota harus dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat khususnya lokal melalui sektor pertanian.

Disebutkan hingga saat ini ada banyak masyarakat terutama petani yang memerlukan dukungan pemerintah agar pertanian milik masyarakat dapat berkembang dan memberikan dampak positif terhadap pendapatan ekonomi.

"Ketika kita melaksanakan reses ke sejumlah daerah di Kalteng, kalangan masyarakat khususnya para petani banyak yang menyampaikan aspirasi atau usulan terkait bantuan pupuk, bibit unggul juga pembangunan irigasi," ungkapnya, Rabu 18 Mei 2022.

Mengenai usulan tersebut, dia berharap pemerintah melalui dinas terkait supaya dapat merealisasikan atau mewujudkannya. Sebab, menurutnya hal-hal terkait itu sangat penting bagi masyarakat petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

"Dengan memberikan dukungan bagi petani juga secara langsung pemerintah telah mendukung ketahanan pangan di Kalteng ini, karena kita tidak selamanya harus bergantung dengan provinsi lain. Daerah ini harus bisa mandiri dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan," tuturnya.

Dia mengatakan potensi Kalteng menjadi salah satu lumbung pangan nasional sangat besar terlebih Kalteng sendiri dipercaya menjalankan program food estate yang ada di Kapuas dan Pulang Pisau apalagi Kalteng juga berdekatan langsung dengan IKN baru di Kaltim.

Oleh sebab itu dukungan pemerintah terhadap sektor pertanian ini sangat diperlukan tidak hanya memperhatikan food estate saja, tapi juga memberikan perhatian dan dorongan terhadap pertanian milik masyarakat. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru