Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Sapi Kurban di Palangka Raya Sudah Melalui Karantina

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Mei 2022 - 19:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sudah ada puluhan ekor hewan ternak sapi yang disiapkan di Kota Palangka Raya untuk menyambut hari raya kurban atau Idul Adha. 

Semua hewan ternak yang didatangkan dari luar daerah ini telah melalui masa karantina hingga siap untuk dikurbankan nantinya mengingat saat ini Indonesia tengah diserang Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak.

"Sebelum masuk Kalteng hewan-hewan ternak ini telah dikarantina selama 14 hari," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Veteriner, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau Distankepang Kota Palangka Raya, Sumardi, Rabu 18 Mei 2022.

Hal ini disampaikan Sumardi di sela kunjungannya bersama tim ke lokasi penyalur sapi kurban. Kunjungannya dan tim ini memang bertujuan untuk melakukan pengamatan dan pencegahan PMK pada ternak yang telah masuk ke Kota Palangka Raya sebagai persiapan hewan ternak pada momen Idul Adha.

"Setibanya dari daerah asal ke Palangka Raya pun masih dipantau kembali selama 5-7 hari secara terus menerus," tutur Sumardi lagi.

Karenanya dalam kunjungan inipun pihaknya sekaligus melakukan sosialisasi kepada para penyalur hewan kurban mengenai antisipasi ketat masuknya bibit PMK ini ke Palangka Raya.

"Kita juga sampaikan kepada masyarakat supaya kalau ada yang membeli dari luar agar jangan langsung didistribusikan, paling tidak selama satu minggu dipantau dulu. Tetapi biasanya para pembeli ini juga tetap menitipkan kepada penjual hewannya ini sampai tiba hari raya kurban baru diambil," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru