Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepahiang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Sebut Sektor Perkebunan Kelapa Sawit Mulai Dilirik di Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Mei 2022 - 19:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie Adriaty Lambung mengatakan bahwa pengembangan sektor perkebunan tersebut mulai dilirik di Kota Cantik.

"Sektor perkebunan terutama perkebunan kelapa sawit ini mulai dilirik untuk dikembangkan di Kota Palangka Raya. Karena itu kami merasa bahwa hal ini perlu dipelajari lebih jauh, baik oleh eksekutif maupun lembaga legislatif," kata Nenie, Rabu 18 Mei 2022.

Terutama menurut Nenie yang berkaitan dengan kebun plasma, perlu waktu khusus bagi para anggota dewan untuk mempelajarinya jika ingin membuat kebijakan atau tata hukum dalam pengelolaannya.

"Kita tahu bahwa program plasma pada perkebunan kelapa sawit merupakan bentuk kemitraan antara usaha kecil dan usaha menengah atau besar. Tapi kan hanya sebatas itu yang kita ketahui. Harus dipelajari lebih dalam bagaimana proses dan skema pengembangan agrikulturnya bisa berjalan maksimal. Sehingga harapan kita tentunya adalah sektor ini nantinya dapat menjadi salah satu sektor pendapatan asli daerah atau PAD di kota kita," tuturnya.

Melalui program plasma itu diyakini bisa membawa manfaat besar bagi sektor perkebunan sawit. 

"Karena itu kami ingin mendalami lebih jauh bagaimana program plasma perkebunan sawit dapat diterapkan sejalan dengan aturan kemitraan pada Undang-undang Nomor 18 Tahun 2004 tentang perkebunan, hingga pelaksanaannya sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 26 Tahun 2007," tegas politisi PDI Perjuangan ini lagi. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru