Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Ketua DPRD Kotim: Kades Jangan Terobsesi Dengan Besaran Dana Desa

  • Oleh Naco
  • 18 Mei 2022 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua  DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), H Rudianur mengingatkan kepala desa (Kades) jangan terobsesi dana desa yang begitu besar.

Ia meminta agar kades memiliki komitmen untuk membangun desa dan orientasi bukan yang lain. Sehingga dengan program dana desa, seharusnya desa sudah mulai mandiri untuk menyelesaikan persoalan pembangunan di dalam desa sendiri.

Ia mengatakan, tugas dari kepala desa itu bagaimana nantinya merumuskan percepatan pembangunan di desa sesuai dengan tujuan pemerintah pusat yang menyediakan anggaran cukup besar untuk percepatan pembangunan desa.

"Sehingga target pelaksanaan pembangunan itu bisa tecapai maksimal," kata Rudianur, Rabu, 18 Mei 2022.

Di sisi lain juga, kata dia, etika kewenangan membangun desa telah diberikan oleh pusat dan didukung oleh transfer dana desa.

“Dengan dana transfer pusat yang besar itu pula, nantinya akan terlihat seberapa cepat kepala desa terpilih bisa mengimbangi dengan pembangunan sebelumnya. Jika pembangunan tetap berjalan lamban, maka akan mempengaruhi pula segala program kerja strategis,” tukasnya.

"Saya juga mengingatkan agar para Kades dalam pelaksanaan pembangunan di desa harus melakukan musyawarah perencanaan dengan warganya dan juga peran Badan Pemasyarakatan Desa (BPD) di setiap desa harus ditonjolkan," tegasnya.

Mereka (BPD) punya hak untuk menolak program yang diusulkan Kades dan jajaranya jika dianggap tidak mendesak.

"Libatkan semua kegiatan dengan masyarakat. Jangan membuat kegiatan sendiri, karena dana desa ini selain percepatan pembangunan, juga perlu keterlibatan dan partisipasi masyarakat,” tandasnya. (NACO/B-7)

Berita Terbaru