Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesawaran Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Penularan Penyakit Mulut dan Kuku dengan Cara Ini

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Mei 2022 - 13:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penularan Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK sebenarnya bisa dicegah. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Veteriner, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau Distankepang Kota Palangka Raya, Sumardi.

"Bisa dicegah, salah satu caranya ialah dengan menerapkan biosecurity yang ketat," kata Sumardi pada Kamis, 19 Mei 2022.
Menurut Sumardi, biosecurity dimaksud ialah harus adanya saluran pembuangan air yang paten sehingga air tidak tergenang di area kandang hewan ternak.

"Kita bicara bukan hanya terkait hewan ternak sapi ya. Karena walaupun PMK ini sering disebut dengan wabah sapi namun yang diserang sebetulnya bukan hanya sapi melainkan semua hewan ternak yang berkuku belah, seperti kambing, babi, rusa, dan sebagainya," terangnya.

Penerapan biosecurity yang ketat juga menurut Sumardi termasuk kebersihan kandang hewan itu sendiri.

"Supaya pagi, siang, sore kandangnya harus dibersihkan dan diberi desinfektan kandangnya untuk mencegah masuknya bibit penyakit mulut dan kuku tadi dan kita tetap aman dari penyakit tersebut," harapnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru