Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maneweng Peroleh Emas Perdana untuk Murung Raya

  • Oleh Trisno
  • 19 Mei 2022 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Kemahiran dan kecepatan tim Kabupaten Murung Raya dalam menebang, memotong dan membelah kayu dalam lomba maneweng, manetek, manyila kayu pada Festival Budaya Isen Mulang 2022 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang diadakan di Kota Palangka Raya membuahkan hasil menggembirakan.

Dalam hitungan menit tim dari Murung Raya ini bisa menebang, memotong kayu bulat dengan diameter kurang lebih 30 cm, dengan hitungan menit pula tim ini dengan cepat membelah kayu menjadi beberapa bagian.

Hasilnya, tim Murung Raya berhasil meraih juara I pada lomba maneweng, manetek, manyila. Kemudian juara II Sukamara, juara III diraih Barito Selatan.

Jalannya lomba ini cukup menyita perhatian para penonton. Mereka memberikan dukungan kepada tim daerahnya. Namun sebelum dimulainya pertandingan, semua tim terlebih dahulu manasai bersama dan melakukan doa di dekat kayu yang akan dipotong.

Kecepatan peserta lomba dalam memotong kayu dengan alat kapak tradisional disebut beliung ini langsung dimonitor oleh dewan juri terkait.

Peserta lomba dari Murung Raya yang bernama Cilik Riwut didampingi dua rekannya Wilman dan Imarianto mengatakan dalam lomba ini tidak semata-mata untuk menjadi juara.

“Namun yang lebih penting adalah untuk melestarikan budaya Dayak Kalimantan agar tetap lestari dan terjaga,” ungkapnya.

Selain itu, ketua kontingen Ferdinan Wijaya terpisah mengatakan selain meraih emas di cabor maneweng Mura juga meraih juara dua pada cabang karungut putra dewasa. (Trs)

Berita Terbaru