Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Marak PMK, Hewan Kurban Masih Bisa Dimakan Kecuali Bagian Ini Disarankan Jangan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Mei 2022 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Maraknya Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK pada hewan ternak terutama sapi menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat, terutama menjelang hari raya kurban saat ini. Kekhawatiran untuk keamanan mengkonsumsi hewan kurban sangat wajar dirasakan dalam kondisi seperti ini meskipun sebenarnya PMK tidak menular kepada manusia.

"PMK ini hanya menular kepada sesama hewan berkuku belah dan tidak menular ke manusia. Jadi aman saja untuk dikonsumsi. Apalagi hingga saat inipun tidak ditemukan ada hewan yang terjangkit di Palangka Raya ini," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Veteriner, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau Distankepang Kota Palangka Raya, Sumardi pada Kamis, 19 Mei 2022.

Menurut Sumardi, meski dinyatakan aman, untuk berjaga-jaga saja masyarakat diminta untuk jangan mengkonsumsi beberapa bagian tertentu pada hewan ternak.

"Walaupun kita akan memastikan bahwa hewan kurban yang dikurbankan di Idul Adha nanti bebas dari PMK tetapi untuk berjaga-jaga, jangan konsumsi bagian kaki dan mulut hewan tersebut, termasuk lidah ya," tutur Sumardi lagi.

Menurut Sumardi, untuk mencegah masuknya bibit PMK ke Kota Palangka Raya pihaknya kemarin telah melakukan pengamatan dan pencegahan PMK pada ternak yang telah masuk ke Kota Palangka Raya sebagai persiapan hewan ternak pada momen Iduladha.

"Kita sudah pantau kemarin dengan mendatangi para penyalur hewan kurban biasanya, tetapi dari masyarakat pun kita imbau untuk tetap meningkatkan kewaspadaan," pintanya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru