Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dukung Pemprov Kalteng Maksimalkan Pengembangan Food Estate

  • Oleh Donny Damara
  • 19 Mei 2022 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemprov Kalteng saat ini tengah berencana memaksimalkan pengembangan food estate dengan akan melaksanakan penyusunan Studi Investigasi Desain (SID) agar program tersebut bisa berjalan maksimal pada tahun 2022 ini.

Anggota DPRD Kalteng, Lohing Simon mengatakan dengan adanya rencana pemprov memaksimalkan pengembangan food estate itu, pihaknya akan mendukung secara penuh hal tersebut.

Dalam upaya memaksimalkan food estate itu pemprov berencana memprogramkan penggilingan padi modern dengan kapasitas 10 ton per jam. Dan program ini dinilai suatu program yang baik, sehingga dapat menghasilkan beras kualitas premium dengan jumlah lebih besar.

"Meski sempat kewalahan karena bencana alam pada tahun 2021 lalu, food estate ini sudah menunjukan banyak kemajuan. Tentu dengan adanya program-program tambahan yang direncanakan oleh Pemprov Kalteng itu perlu didukung," ujarnya, Kamis, 19 Mei 2022.

Doa menyebut, adanya food estate dengan konsep pertanian modern telah memberikan perubahan yang cukup besar bagi masyarakat petani. Pasalnya, selain beradaptasi dengan teknologi modern, penambahan musim tanam juga menjadi perubahan positif yang dirasakan oleh masyarakat.

Menurutnya, dengan periode musim tanam yang meningkat ditambah program penggilingan padi modern diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi serta menghasilkan beras kualitas premium dengan jumlah lebih besar. Sehingga adanya food estate turut berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani di Kalteng.

"Untuk sekarang food estate di Kalteng ini bisa dikatakan berhasil, tapi belum maksimal. Harapan kami setiap program bisa berjalan baik, pembinaan kepada petani juga agar dilakukan secara berkelanjutan, dngan begitu tujuan untuk menyejahterakan masyarakat bisa tercapai," tukasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru