Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gunung Kidul Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlombaan di FBIM 2022 Berlanjut, Mainkan Lomba Balogo

  • Oleh Donny Damara
  • 19 Mei 2022 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Berbagai macam perlombaan dalam Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2022 terus berlanjut hingga hari ini Kamis, 19 Mei 2022.

Salah satu yang dilombakan itu yakni balogo. Ada sekitar 11 kontingen se-Kalteng yang mengikuti perlombaan tersebut, diantaranya yaitu Kabupaten Kapuas, Sukamara, Bartim, Pulang Pisau, Seruyan, Barsel, Murung Raya, Barito Utara, Gunung Mas, Lamandau, dan Kota Palangka Raya.

Untuk mengikuti perlombaan balogo ini, setiap kontingen mengirimkan 1 regu putra dan putri yang terdiri dari 3 orang, dengan total tim putra 11 regu dan tim putri 9 regu. Lomba balogo yang masuk dalam FBIM ini diselenggarakan di UPT Taman Budaya Palangka Raya.

Salah satu juri lomba balogo yakni Hermanto mengatakan, permainan tersebut dimainkan diatas lapangan beraspal atau tanah, kemudian tiga keping logo yang terbuat dari tempurung kelapa ditancapkan di tanah, masing-masing berjarak sekitar 15 m, 20 m, dan 25 m dari garis awal.

"Saat bermain Balogo, pemain harus dibantu dengan sebuah alat yang disebut panapak atau campa dengan ukuran kurang lebih 50 cm, kata Hermanto.

Fungsi panapak ini yaitu untuk mendorong logo atau tempurung kelapa berbentuk segitiga agar bisa meluncur dan merobohkan logo pihak lawan yang dipasang saat bermain.

Disebutkan, saat ini permainan balogo selalu dimainkan bahkan dipertandingkan pada beberapa festival kebudayaan di seluruh Kalimantan.

Dengan diadakannya lomba balogo ini diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian upaya melestarikan nilai-nilai tradisi warisan masa lampau di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

"Balogo menjadi tradisi yang kerap dimainkan secara musiman yaitu ketika menyambut musim panen dan upacara Tiwah," demikian Hermanto. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru