Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Hadiri Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional

  • Oleh Riska Yulyana
  • 19 Mei 2022 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong menghadiri kegiatan Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Kabupaten Gunung Mas tahun 2022 di Gedung Christian Center Kawala Kuala Kurun pada Kamis, 19 Mei 2022.

"Imunisasi merupakan suatu upaya untuk mencegah terjadinya penyakit menular, yang mana imunisasi merupakan salah satu kegiatan prioritas Kementrian Kesehatan sebagai salah satu bentuk nyata komitmen pemerintah untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya untuk menurunkan angka kematian pada anak," ujarnya, Kamis, 19 Mei 2022.

Dia melanjutkan, Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi campak dan rubella pada tahun 2023 dan mempertahankan status bebas polio.

Namun, dalam masa pandemi Covid-19, pelaksanaan imunisasi rutin tidak berjalan optimal sehingga terjadi penurunan cakupan imunisasi secara signifikan yang mengakibatkan timbulnya Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Untuk itu, dilakukanlah penguatan imunisasi rutin dan pemberian imunisasi tambahan melalui pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional tahun 2022.

Dia menambahkan, target dan sasaran di Kabupaten Gunung Mas yakni anak-anak usia 9 bulan sampai 12 tahun dengan jumah 27.741 anak.

Orang nomor satu di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini meminta cakupan imunisasi harus dipertahankan tinggi dan merata di seluruh wilayah Kabupaten Gunung Mas. Tujuannya, untuk menghindari terjadinya daerah kantong yang akan mempermudah terjadinya kejadian luar biasa (KLB).

Jaya berharap kegiatan ini dapat memberikan semangat bagi orangtua yang mempunyai anak umur 9 bulan hingga 12 tahun dapat berpartisipasi dengan aktif mendampingi anak-anaknya untuk mengikuti imunisasi.

"Selain itu, bagi lintas sektor yang hadir juga agar dapat mendukung salah satu program kesehatan ini sehingga anak-anak di wilayah Kabupaten Gunung Mas bisa mendapatkan haknya, selalu sehat, terjaga dari penyakit yang dapat dicegah dengan mengikuti imunisasi lengkap dasar dan imunisasi tambahan," tukas Jaya.

Dalam kesempatan tersebut, Jaya juga mendampingi anaknya yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar yang bernama Ester Gloria untuk imunisasi. (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru