Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belitung Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Faktor yang Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi pada Masa Urbanisasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Mei 2022 - 12:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yura Djalins menyebut ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi pada masa urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota. Seperti diketahui, urbanisasi umumnya terjadi pasca libur panjang yang memungkinkan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman.

"Urbanisasi akan memberikan dampak positif tergantung pada kesiapan pemerintah dan kualitas masyarakat urban yang melakukan perpindahan tersebut," katanya, Jumat 20 Mei 2022.

Sehingga bila hal tersebut dapat seiring berjalan dengan baik maka akan menimbulkan beberapa faktor, pertama perbaikan pendapatan masyarakat yang mendorong peningkatan konsumsi.

"Faktor kedua yaitu munculnya tambahan tenaga kerja baru yang dapat mendorong pertumbuhan sektor-sektor lapangan usaha," tambahnya.

Kemudian faktor ketiga menurutnya yaitu meningkatnya pangsa pasar seiring pertambahan penduduk.

Yura juga memberi catatan bahwa meski mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, urbanisasi juga perlu pengelolaan dan kesiapan yang baik dari kota yang menjadi tujuan sehingga tidak menimbulkan masalah perkotaan baru seperti kemiskinan, timbulnya kawasan kumuh, permasalahan lingkungan dan kesehatan.

"Dengan demikian kualitas urbanisasi sangat ditentukan oleh kualitas masyarakat urban tersebut yang nantinya dapat berkontribusi pada pembangunan ekonomi melalui pemanfaatan bonus demografi 2045," bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru