Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Klaten Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diguyur Hujan Selama 4 Jam, Palangka Raya Banjir Lagi

  • Oleh Hendri
  • 20 Mei 2022 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Permukiman padat penduduk serta kawasan jalan di Kota Palangka Raya kembali dilanda banjir setelah diguyur hujan selama 4 jam. Wilayah dengan julukan Kota Cantik itu diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak pukul 07:00-10:00 WIB, Jumat 20 Mei 2022.

Hujan deras yang disertai juga dengan fenomena angin kencang itu turun merata di wilayah setempat. Dengan frekuensi waktu hujan yang terjadi cukup lama ini, tentu lagi-lagi membuat rembesan air hujan yang menyebabkan banjir dadakan.

Kondisi ini dapat dilihat pada beberapa ruas jalan yang menjadi langganan terjadinya banjir akibat curah hujan yang tinggi.  Seperti Jalan Yos Sudarso, kawasan Jalan Temanggung Tilung, Jalan Galaxi, dan Jalan G Obos.

Selain itu banjir juga terjadi di Jalan Pangeran Samudera, Jalan Sisingamangaraja dan daerah Jalan Lawu, serta sejumlah kawasan pemukiman padat penduduk di banyak titik kawasan dataran rendah.

"Akibat hujan deras tadi pagi genangan air ini hingga menutupi badan jalan dan masuk ke pekarangan rumah warga. Untungnya genangan air cepat turun,” ungkap Budi Yunathan, warga Tilung XII.

Menurutnya kondisi banjir akan selalu terjadi di lingkungannya manakala terjadi hujan dengan intensitas tinggi serta waktu yang lama. Bisa jadi kedalaman drainase yang ada dilingkungan warga tidak mampu menampung dan mengalirkan air, akibatnya air drainase pun meluap hingga menggenangi lingkungan.

"Drainase dan jalan di Tilung sudah diperbaiki, tapi tetap saja sering banjir. Mungkin karena banyak sampah di dalamnya sehingga menghambat air keluar menuju saluran induk," ujarnya. (HENDRI/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru