Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sijunjung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Gunung Mas Beri Pelatihan Ini untuk UMKM

  • Oleh Riska Yulyana
  • 20 Mei 2022 - 19:31 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Untung Jaya Bangas memberikan pelatihan membuat Sambal Rimbang (sejenis pohon kecil yang buahnya dapat dimakan) dan Kue Singkong bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Pelatihan cara membuat Sambal Rimbang dan Kue Singkong saya berikan kepada kurang lebih 25 orang peserta Pelatihan Mengelola Makanan Tradisional Khas Dayak Kalimantan Tengah dan Pembuatan Keripik Pisang bagi pelaku UMKM," ujarnya, Jumat 20 Mei 2022.

Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UMKM di aula Hotel Zeffanya pada Rabu 18 Mei 2022.

Dalam kesempatan ini Untung juga menyampaikan pentingnya pengemasan produk makanan tradisional khas Dayak Kalteng seperti sambal rimbang, kue singkong dan makanan khas Kalteng lainnya yang menarik dan tahan lama.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan bahwa tujuan yang ingin dicapai dari pelatihan tersebut yakni bagaimana makanan khas Dayak Kalimantan tengah tetap dicintai dan dikembangkan dengan baik serta dikenal oleh masyarakat luar Kalimantan Tengah.

Apalagi jika dikembangkan dengan baik, makanan khas Dayak Kalimantan Tengah memiliki peluang usaha yang menjanjikan. Hal tersebut pastinya bisa memengaruhi kondisi ekonomi masyarakat.

Dengan perkembangan wisata dan perkembangan lainnya di Gumas, kuliner khas Dayak Kalteng tentunya akan makin banyak diminati dan dicari. Kuliner khas Dayak Kalteng tidak boleh kalah dengan kuliner khas daerah luar Kalteng.

"Di sinilah pentingnya inovasi dan kreatifitas para pelaku UMKM di wilayah ini dalam mengolah makanan khas Dayak Kalimantan Tengah yang enak, menarik dan unik. Itu semua akan menarik minat konsumen," tukasnya. (RISKA YULYANA/B-6)

Berita Terbaru