Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Pulang Pisau Ikuti Senam Sicita PDI Perjuangan

  • Oleh Asprianta
  • 20 Mei 2022 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Ratusan warga Kabupaten Pulang Pisau mengikuti Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA) yang digagas PDI Perjuangan. Kegiatan yang diselenggarakan di halaman stadio HM Sanusi, Jumat (20/05/2022) juga dihadiri Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang.

Pudjirustaty Narang yang juga menjabat ketua DPD PDI Perjuangan Pulpis itu mengungkapkan, senam Sicita diselenggarakan dalam rangka menghadapi Pandemi Covid-19. Pasalnya, salah satu yang harus disiapkan adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

“Makanya Sicita ini bagian dari upaya Partai PDIP untuk meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat. Selain itu, Sicita juga menggambarkan nilai-nilai Nasionalisme, dan mengangkat budaya lokal dan nasional,” ucapnya.

Menurut Taty, Sicita ini pun dipercaya mampu menangkal ekstremisme, yaitu masyarakat yang menganut paham ekstrem berdasarkan pandangan agama, politik, dan sebagainya. Ideologi ini dianggap berada jauh di luar sikap masyarakat pada umumnya.

“Kita sebagai partai yang mengusung nasionalisme kebangsaan, tentu harus turut mencegah ekstremisme didalam ajaran maupun tindakan tindakan masyarakat. Sehingga saat sebelum Sicita dimulai kita melaksanakan sosialisasi terlebih dulu,” katanya.

Salah satunya mencegah ekstremisme, lanjut Taty, adalah mengembangkan nilai-nilai nasionalisme dan mengembangkan nilai-nilai budaya, antara lain dengan kegiatan senam ini untuk menumbuhkan salah satu cinta tanah air dan bela negara.

“Apabila kita sudah tumbuh rasa nasionalismenya dan dan cinta kepada budaya maka kita bisa menetralisasi ektremisme yang ada di masyarakat. Dengan kegiatan senam ini, memberikan musik budaya lokal dan nasional salah satu menumbuhkan rasa nasinalismenya,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDI Perjuangan H Ahmad Fadli Rahman mengatakan, bahwa kegiatan Sicita ini masih kegiatan rangkaian Memperingati HUT Ke-49 PDI Perjuangan.

Fadli yang juga menjabat Wakil Ketua 1 DPRD Pulpis juga menambahkan peserta memenuhi syarat kemudian diberi nomer undian door prize yang diundi setelah acara senam usai, guna memberikan semangat bagi para peserta. 

Lebih lanjut lagi Fadli menyatakan, mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus berlanjut, pasalnya untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Sehingga masyarakat mimiliki jiwa raga yang sehat.

“Tujuan awal Sicita ini, adalah untuk meningkatkan daya tahan, Ulang Tahun Partai, menerapkan nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai budaya lokal dan nasional. Karena kita berpegang kepada apa yang dikatakan Bung Karno, terkait Tri Sakti yakni, daulat dibidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan,” jelasnya. (ang)

Berita Terbaru