Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Usul Program Prioritas di Musrenbang Regional Kalimantan

  • Oleh Donny Damara
  • 20 Mei 2022 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kalteng Nuryakin mewakili Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Regional Kalimantan di Jakarta.

Adanya Musrenbang yang digelar baru-baru ini untuk mendorong percepatan pembangunan regional Kalimantan yang selaras dengan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara di Kaltim.

Nuryakin mengungkapkan, pada Musrenbang itu pemprov telah menyampaikan beberapa usulan program prioritas nasional pembangunan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

"Pada musrenbang itu kita mengsulkan beberapa hal berkaitan dengan sektor perhubungan yang diharapkan menjadi program prioritas nasional untuk mendukung IKN. Karena konektifitas antar wilayah dan ketersediaan dermaga sangat penting untuk kebutuhan fasilitasi arus orang dan barang," ucapnya, Jumat, 20 Mei 2022.

Dia mengatakan, beberapa usulan program prioritas yang disampaikan itu yakni diantaranya pembangunan Dermaga Sei Ijum serta Pembangunan Dermaga Basirih dan Bapinang tahap III di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kemudian ada juga Pembangunan Dermaga Lupak Dalam Kapuas Kuala, Pembangunan Pelabuhan Bahaur di Kabupaten Pulang Pisau, Layanan angkutan udara perintis di Kabupaten Seruyan, dan pembangunan Dermaga Sungai Kumai di Kumai Hilir dan Sei Kapitan tahap III di Kabupaten Kotawaringin Barat.

"Dengan terbangunnya sektor perhubungan akan menjadi daya ungkit perekonomian yang signifikan, dan tentu hal tersebut merupakan bagian dari kesiapan menyambut IKN baru Nusantara di Kaltim," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru