Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dharmasraya Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lestarikan Tradisi Malamang Melalui Lomba

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 Mei 2022 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Malamang menjadi salah satu tradisi masyarakat Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk membuat makanan khas daerah lamang.

Malamang dijadikan salah satu cabang lomba dalam Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2022.Tradisi tersebut dinilai sangat penting untuk terus dilestarikan agar tidak tergerus oleh zaman dan pesatnya globalisasi. 

Kordinator Seksi Lomba Malamang FBIM, Lilik Margiatsih menjelaskan Lomba Malamang yang dilaksanakan diikuti oleh perwakilan dari 6 kabupaten se Kalteng.

Kabupaten tersebut terdiri dari Murung Raya, Barito Utara, Barito Selatan, Sukamara, Pulang Pisau dan Kapuas. Masing masing tim berjumlah 5 orang dan sejak awal hingga berakhirnya lomba diawasi oleh Dewan Juri yang memberikan penilaian.

Dalam tim terdapat pembagian tugas mulai dari satu orang bertugas sebagai pengupas dan pemarut kelapa, satu orang penyiap bahan lamang dengan memasukkan beras ketan ke dalam ruas bambu serta menyiapkan bahan garnish untuk mendekorasi menu lamang yang siap saji.

“Kemudian satu orang bertugas sebagai penyiap tungku tempat pembakaran lamang sekaligus memasaknya,” sebutnya seperti dikutip dari MMC Kalteng pada Jumat 20 Mei 2022.

Setelah itu, satu orang bertugas sebagai penata sajian menu lamang yang dilombakan dan satu orang terakhir sebagai pramu menu/guide yang menjelaskan inti menu yang disajikan. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru