Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Alonso Berisiko Kena Sanksi Setelah Damprat Steward Pasca-GP Miami

  • Oleh ANTARA
  • 21 Mei 2022 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Juara dunia dua kali Fernando Alonso berisiko mendapat sanksi dari FIA saat balapan pada Grand Prix Spanyol, Jumat, menyusul komentar pedasnya yang menyebut steward tidak kompeten dan profesional.

Pebalap tim Alpine itu telah dijatuhi dua kali penalti tambahan waktu lima detik pada balapan sebelumnya di Miami, hukuman yang terakhir membuatnya turun ke P11 setelah finis P8.

Ia dianggap steward memotong chicane untuk mengambil keuntungan saat balapan.

"Kami yakin bahwa itu sangatlah tidak adil dan menunjukkan ketidakbecusan steward," kata pebalap berusia 40 tahun itu seperti dikutip Reuters, Jumat. "Mereka sangat tidak profesional."

Federasi otomotif internasional FIA, yang menjadi regulator, memiliki daftar penalti yang tercantum dalam kode etik dalam olahraga balap mulai dari peringatan hingga sanksi tegas mengatakan akan merespon hal tersebut.

Alonso mengatakan empat pengawas balapan, di dalamnya termasuk juara Indianapolis 500 tahun 1985 dan juara CART 1988 Danny Sullivan, mengambil keputusan tanpa mendengar bukti-bukti yang diajukan untuk membela diri.


"Kami tiba setelah balapan dengan bukti bahwa kami telah mengembalikan keuntungan waktu yang kami dapatkan dan mereka (steward) sudah berkemas. Mereka bahkan tidak ada di dalam ruangan," kata Alonso.

"Kami menunjukkan mereka datanya, jadi mereka memberi kami lima menit dan kemudian mereka tidak berbuat apa-apa mungkin karena mereka telah terlanjut mengeluarkan penalti itu.

"Itu sudah berlalu tapi itu bukanlah hal yang seharusnya terjadi di Formula 1 dengan profesionalisme dan standard yang dimiliki Formula 1."

Alonso juga mengatakan race director Niels Wittich, yang berbagi tugas dengan Eduardo Freitas menyusul pemecatan Michael Masi pascakontroversi balapan penutup musim 2021 di Abu Dhabi, tidak memiliki pengetahuan yang cukup soal balapan.

Sang pebalap Spanyol mengatakan masih banyak hal yang bisa ditingkatkan.

Freitas memegang otoritas akhir pekan ini setelah Wittich membuka lima balapan awal musim.

"Freitas memiliki pengalaman lebih banyak dengan WEC (balap ketahanan) dan kategori-kategori lain di tingkat teratas dan saya kira itu akan membuat hal-hal lebih baik," kata Alonso.

ANTARA

Berita Terbaru