Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelestarian Budaya Daerah Dinilai Perlu Dilakukan

  • Oleh Donny Damara
  • 21 Mei 2022 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati menilai pelestarian budaya khususnya yang ada di Kalteng memang sudah seharusnya perlu dikakukan.

Dia mengatakan, seperti halnya gelaran Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2022 yang sekarang ini dilaksanakan merupakan salah satu upaya pelestarian budaya yang dimiliki Kalteng.

"Karena ada banyak lomba yang berkaitan dengan kebudayaan dalam gelaran FBIM tersebut, kita patut bersyukur salah satu upaya pelestarian budaya ini bisa terlaksana setelah kurang lebih 2 tahun tidak digelar akibat pandemi," tuturnya, Sabtu, 21 Mei 2022

Disebutkannya bahwa, pelestarian budaya sangat penting untuk dilakukan mengingat hal itu merupakan ciri khas maupun jati diri daerah yang perlu terus dipertahankan ditengah perkembangan zaman seperti sekarang ini.

Pelaksanaan gelaran FBIM menjadi hal yang patut diapresiasi, sebab selain dalam rangka untuk melestarikan budaya, event ini juga sebagai wadah memperkenalkan budaya di Kalteng kepada khalayak banyak khususnya para wisatawan baik nasional maupun internasional.

Di sisi lain, ia pun mengajak semua pihak termasuk masyarakat terutama di Kalteng agar dapat terus berupaya melestarikan budaya yang dimiliki daerah ini dengan berbagai cara baik melalui event, sosialisasi atau edukasi kepada kaum muda dan lain sebagainya.

"Dalam upaya menjaga kearifan lokal atau melestarikan budaya di Kalteng ini sudah menjadi tugas kita bersama. Harapan kita meski ditengah perkembangan zaman budaya kita tetap bisa eksis dan jangan sampai dilupakan," tukasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru