Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Besei Kambe Perlombaan Ciri Khas Kalteng Diharapkan Bisa Dikenal Hingga Manca Negara

  • Oleh Donny Damara
  • 21 Mei 2022 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kalteng memiliki olahraga yang diperlombakan di air atau sungai yang dinamakan Besei Kambe. Besei Kambe merupakan perlombaan ciri khas Kalteng yang diperlombakan di festival budaya setiap tahunnya seperti FBIM.

Pada kegiatan FBIM tahun 2022 yang digelar di Kota Palangka Raya, lomba Besei Kambe telah dilaksanakan pada Jumat, 20 Mei 2022, di mana ada 8 Kabupaten yang turut serta dalam perlombaan tersebut.

Kepala Disbudpar Kalteng, Adiah Chandra Sari mengatakan lomba Besei Kambe sangat unik dan menarik. Lomba ini satu-satunya hanya ada di Kalteng dan merupakan ciri khas Bumi Tambun Bungai.

"Harapan kita perlombaan Besei Kambe ini bisa dikenal secara nasional bahkan manca negara. Kita juga berharap kedepan bisa mengundang provinsi lain untuk mengikuti lomba ini," tuturnya, Sabtu, 21 Mei 2022.

Dia menjelaskan, dengan keikutsertaan daerah lain dalam perlombaan tersebut maka lomba Besei Kambe tidak hanya dapat dikenal oleh masyarakat Kalteng saja tapi juga provinsi lain yang ada di Indonesia.

"Kedepan kita akan coba membuat standar petunjuk teknis agar bisa mengajak daerah luar untuk mengikuti lomba Besei Kambe ini," ujarnya.

Dia menyebut, Besei Kambe juga merupakan salah satu budaya yang perlu dilestarikan. Adanya berbagai perlombaan di gelaran FBIM salah satunya lomba Besei Kambe menjadi upaya pelestarian kegiatan tersebut.

"Semoga saja dengan adanya FBIM ini, kebudayaan yang ada di Kalteng bisa dikenal baik secara nasional maupun internasional, karena selama gelaran FBIM pastinya akan ada banyak wisatawan yang turut menyaksikan," tukasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru