Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rembang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karate Indonesia Berjaya di SEA Games Vietnam

  • Oleh ANTARA
  • 21 Mei 2022 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Hanoi - Atlet karate Indonesia tampil apik pada pagelaran SEA Games Vietnam 2021 yang digelar di Pusat Olahraga Provinsi Ninh Binh, 18-20 Mei 2022.

Dari 15 nomor yang dipertandingkan di ajang multi cabang dua tahunan antar 11 negara se-Asia Tenggara itu, Tim Karate Indonesia mampu meloloskan 12 nomor ke partai final.

Lebih mengejutkan, seluruh atlet karate yang diboyong ke Vietnam ini dikalungi medali, jika tidak mendapatkan medali nomor perorangan maka mendapatkan nomor perseorangan. Malahan ada juga atlet yang mendapatkan dua medali sekaligus.

Lebih membanggakan lagi torehan medali pun tak dapat dipandang sebelah mata, yakni 4 emas, 8 perak dan 2 perunggu atau melampaui target 3 emas yang ditetapkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Walau tak menjadi juara umum karena kali ini kalah dari tuan rumah Vietnam yang mengemas tujuh medali emas, tapi bagi cabang olahraga bela diri Indonesia, ini menjadi catatan sejarah tersendiri.

Jika merujuk pada rekam jejak perjalanan di SEA Games maka pencapaian pada edisi ke-31 ini menjadi yang terbaik sejak empat kali penyelenggaraan SEA Games terakhir.

Setelah sempat juara umum saat Indonesia menjadi tuan rumah pada 2011 dengan meraih 10 emas, 2 perak dan 4 perunggu, prestasi karate sebenarnya sempat menurun pada ajang berikutnya yakni SEA Games Myanmar 2013 dengan hanya meraih 2 emas, 7 perak dan 7 perunggu.

Kemudian, setelah SEA Games Singapura 2015 yang tidak mempertandingkan karate, Indonesia mulai memperbaiki prestasi pada SEA Games Malaysia 2017 dengan meraih 3 emas, 3 perak dan 7 perunggu. Akan tetapi pada SEA Games Filipina 2019 kembali turun menjadi 2 emas, 3 perak, 4 perunggu.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Federasi Karate Do Indonesia Raja Sapta Ervian mengatakan PB Forki mulai bergerak dalam membangun tim nasional sejak 2019 atau setelah mengevaluasi capaian dari SEA Games Filipina.

“Kami mulai manage karate itu sejak 2019, jadi yang menghasilkan hari ini sudah melewati program cukup panjang. Mereka Pelatnas hampir tiga tahun,” kata Raja Sapta.

Berita Terbaru