Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pandeglang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Suka Makmur Dicanangkan Sebagai Kampung PKK

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 21 Mei 2022 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PKK Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) resmi mencanangkan Desa Suka Makmur, Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) sebagai Kampung PKK mewakili Kabupaten Kobar.

Pencanangan yang dilakukan pada Sabtu, 21 Mei 2022, tersebut ditandai dengan penandatanganan peasasti oleh Ketua TP PKK Kobar Mina Irawati, yang disaksikan oleh Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah serta Anggota DPRD Kobar dan seluruh tamu undangan.

Pencanangan tersebut, masuk dalam rangkaian kegiatan penutupan peringatan puncak hari kesatuan gerak (HKG) PKK ke 50 dan Jambore kader PKK ke II tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat tahun 2022.

Dalam sambutannya, Ahmadi Riansyah menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas terselenggrannya kegiatan tersebut, sehingga menunjukan bahwa PKK Kobar semakin aktif dan bisa turut serta ambil bagian dalam kemajuan Kobar.

"Terimakasih kami ucapkan kepada Ketua PKK Kobar yang telah berjuang selama ini. Sehingga PKK Kobar banyak mendapat prestasi. Ini adalah kerja bersama kita dan wajib kita syukuri dan dipertahankan," ujarnya.

Ahmadi berharap, kedepan PKK Kobar dapat semakin jaya dan mampu bersaing tingkat Provinsi sampai Nasional. Kemudian, mengingat Ketua PKK saat ini purna tugas, maka harapannya juga siapapun pemimpinnya kedepan menjadi lebih baik.

"Pondasi sudah kita bentuk dan kita tata, jadi tinggal melanjutkan program - program yang ada. Untuk itu, tetap jaga sinergitas, elaborasi dengan baik," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua TP PKK Kobar Mina Irawati menyampaikan apresiasi dan terimakasih, atas amanah yang telah diberikan sehingga bisa dijalankan selama 5 tahun terakhir ini, dengan dukungan dan bantuan semua pihak.

"PKK Kobar saat ini semuanya aktif dan semangat, tidak ada yang tidur lagi. Semoga ini terus dipertahankan meskipun saya sudah purna tugas," harapnya.

Mina menyebutkan, bahwa ditetapkannya Desa Suka Makmur, Kecamatan Kotawaringin Lama sebagai Kampung PKK telah melewati penilaian dengan jujur dan adil, dan melibatkan lintas sektor. Sehingga, desa tersebut dinyatakan layak Mewakili Kobar untuk bersaing ditingkat Provinsi dan bahkan Nasional.

"Jadi, ditetapkannya Kampung PKK karena Desa Suka Makmur mampu menerapkan 10 program pokok PKK," ungkapnya.

Diketahui, adapun 10 pokok program PKK yaitu 1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, 2.Gotong Royong, 3. Pangan, 4.Sandang, 5. Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, 6. Pendidikan dan Ketrampilan, 7. Kesehatan, 8. Mengembangkan Kehidupan Berkoperasi, 9. Kelestarian Lingkungan Hidup dan 10. Perencanaan Sehat.

Kegiatan yang dirangkai dengan berbagai lomba tersebut telah berlangsung cukup lama sejak Maret lalu, sampai pada akhirnya ditutup dengan spektakuler dengan menampilkan Parade atau Devile dari gabungan PKK kecamatan, tari - tarian, bazar produk PKK tiap Kecamatan, Kelurahan/Desa, serta untuk semakin meriah ditampilkan kesenian Reog dan Kuda Lumping, yang berlangsung di Desa Suka Makmur, Kecamatan Kotawaringin Lama.

Adapun Lomba HKG PKK ke 50 Tahun 2022 diantarannya, Tertib Administrasi PKK, Dasawisma Aktif Berdaya, Pengembangan UP2K, PAUD, Aku Hatinya PKK.

Kemudian untuk Jambore PKK 2022, diadakan Lomba Senam Kreasi, Lomba Masak B2SA, Lomba Kader PHBS, Lomba Kader Gagah Bencana, Lomba Yel - Yel PKK, Paduan Suara, Lomba Kader UP2K, Lomba Kreasi Daur Ulang Plastik, Lomba Kader Aku Hatinya PKK, Lomba Kader PAAR, Lomba Kader Dasawisama, Lomba Kader Sekretaris, Lomba Parade/Devile. Lomba Apresiasi Bunda Paud Fashion Show. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru