Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Arfak Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tawon Mematikan Bersarang di Musala Kompleks Kamar XX Sampit

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 22 Mei 2022 - 10:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga Kompleks Kamar XX Kelurahan Sawahan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kotawaringin Timur melaporkan keberadaan tawon mematikan. Tawon tersebut bersarang disalah satu sudut musala di kompleks tersebut. 

"Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh pihak pelapor, sarang tawon tersebut berada di sela-sela atap samping musala depan rumah pelapor," ungkap Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotim, Hery Wahyudi, Minggu 22 Mei 2022. 

Laporan tersebut diterima oleh Disdamkarmat Kotim pada 18 Mei 2022. Pelapor adalah Muhammad Tadi, warga RT005, RW 002 yang berdekatan dengan lokasi musala itu. 

Muhammad Tadi melaporkan hal itu ke petugas Disdamkarmat Kotim. Mendapatkan laporan itu sebanyak 12 personel Disdamkarmat Kotim dikerahkan ke lokasi. 

Setiba di lokasi, petugas menanyakan terlebih dahulu tentang keberadaan sarang tawon Vespa affinis tersebut. Setelah memastikan keberadaan tawon berbahaya itu petugas oun menuju samping musala. "Lalu petugas kami langsung menangani sarang tawon vespa tersebut," imbuhnya. 

Dalam menangani itu, petugas mengaku tak mengalami kendala yang berarti. Hanya saja pembasmian sarang harus dilakukan ekstra hati-hati. Petugas eksekutor menggunakan pakaian pengamanan dan lokasi sekitar harus steril dari keberadaan warga. 

Sarang tawon dengan panjang sekitar 30 sentimeter dan jari 15 sentimeter diamankan. Warga sekitar pun dapat bernapas lega karena ancaman tawon tak ada lagi. (USAY NOR RAHMAD/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru