Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kalteng Dorong Penguatan Sektor Penting

  • Oleh Donny Damara
  • 22 Mei 2022 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Sudarsono mendorong adanya penguatan pengembangan sektor penting yang ada di provinsi ini seperti halnya pertanian dan perikanan.

Penguatan kedua sektor tersebut dan sektor lain menurutnya sangat perlu dilakukan agar Kalteng menjadi salah satu penyangga atau lumbung pangan nasional dapat terwujud ke depan.

"Potensi Kalteng pada kedua sektor itu sangat besar, hanya perlu dimaksimalkan dan dikuatkan saja pengembangannya, terlebih dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19," ujarnya, Minggu, 22 Mei 2022.

Dia menyebut dalam rangka memperkuat sektor pertanian dan perikanan di Kalteng ini pemda harus bisa saling bersinergi bersama para petani, nelayan maupun investor guna memaksimalkan potensi yang ada.

Selain itu pemda juga diharapkan dapat memperhatikan sejumlah hal penting untuk mendukung para petani seperti menyediakan infrastruktur jalan menuju lahan pertanian dan juga memberikan bantuan pupuk, bibit, alat pertanian modern, dan lain-lain yang berkaitan dengan pertanian.

Kemudian dukungan juga perlu diberikan kepada masyarakat yang memiliki usaha perikanan dengan memberikan bantuan pakan, bibit ikan, membangun infrastruktur jalan menuju pelabuhan atau pangkalan ikan dan lain sebagainya.

"Penguatan pada sektor-sektor itu tidak hanya dapat memberikan dampak positif bagi para petani, pengusaha perikanan maupun nelayan. Tapi juga bisa membuka lapangan pekerjaan dan pendapatan tambahan bagi daerah dari segi PAD," imbuhnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru