Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Klaten Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya Ingatkan Bahaya Serangan Siber Data Pemerintahan

  • Oleh Hendri
  • 23 Mei 2022 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengingatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tentang bahayanya kejahatan siber di pemerintahan. Untuk itu ia meminta perangkat kerjanya dapat meningkatkan keamanan informasi agar tidak bocor.

"Maraknya pencurian data, hoaks hingga ancaman secara elektronik mengharuskan kita berbenah diri dalam pelayanan dan juga administrasi," katanya, Senin, 23 Mei 2022.

Ia mengatakan, saat memasuki satu sistem pemerintahan berbasis elektronik ada juga hal yang rentan. Seperti persoalan menghadapi realitas bahwa gangguan di dunia maya (siber) yang begitu tinggi.

Oleh karena itu ketika sudah masuk ke dalam sistem pemerintahan yang menggunakan teknologi informatika, harus memiliki daya tahan yang kuat untuk menghadapi berbagai ancaman gangguan di dunia siber.

"Sehingga kita semua instansi pemerintahan juga wajib memiliki satu sistem yang bisa mempertahankan diri dari gangguan siber, agar informasi pemerintahan tidak diganggu," jelasnya.

Sebelumnya, telah dilaksanakan sosialisasi Security Awareness (Kesadaran Keamanan) yang ditujukan bagi pejabat setempat. Fairid berharap melalui kegiatan ini, setiap OPD memiliki kesadaran akan pentingnya keamanan informasi, serta bagaimana mengelola dan mengamankan informasi. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru