Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perpustakaan Berbasis Digital Harus Dikembangkan

  • Oleh Naco
  • 23 Mei 2022 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Fraksi Partai Nasdem DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) mendorong agar dikembangkan perpustakaan berbasis digital di daerah ini.

Menurut Ketua Fraksi Nasdem, Syahbana selain untuk kemudahan mengakses juga tidak memakan ruang  secara konvensional.

“Di era kemajuan teknologi sekarang ini, kiranya sangat perlu agar Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur untuk melakukan Perpustakaan yang berbasis online," katanya, Senin,  23 Mei 2022.

Dengan dilengkapi dengan teknologi canggih dan mudah diakses oleh masyarakat dan kalau  hal ini  dapat  dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur maka akan meningkatkan minat masyarakat terhadap Perpustaskaan itu sendiri.

Menurutnya, Perpustakaan bisa diartikan sebagai sebuah ruangan, bagian sebuah Gedung ataupun Gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual.

Perpustakaan bisa juga diartikan sebagai tempat menyimpan hasil suatu pemikiran manusia yang hasilnya akan dituangkan kedalam suatu bahan Pustaka baik berupa bentuk cetak maupun non cetak ataupun dalam bentuk elektronik (digital).

Sehingga kata dia perpustakaan bisa juga dikatakan sebagai suatu unit kerja yang substansinya merupakan sumber informasi yang setiap saat informasinya dapat dibagikan kepada perpustakaan.
 
Sebagaimana  diketahui bersama, kata Syahbana  bahwa  Perpustakaan merupakan jantungnya dunia Pendidikan, karena Perpustakaan adalah tempat dimana berbagai macam informasi dapat ditemukan. 

Perpustakaan yang terorganisir secara baik dan sistematis, secara langsung maupun tidak langsung dapat membantu masyarakat untuk berwawasan luas, berpikir konstruktif, cerdas dan kreatif, sehingga dapat meningkatkan produktivitas, tanggap dalam kemajuan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik. (NACO/B-11)

Berita Terbaru