Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejak Awal 2022 DPMDSos Barito Timur Sudah Tangani 8 ODGJ

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 Mei 2022 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sejak awal 2022 Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial atau DPMDSos Kabupaten Barito Timur telah menangani 8 orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ.

"Dari jumlah itu sebanyak 6 orang telah dirujuk ke RSJ (Rumah Sakit Jiwa) Kalawah Atei di Kabupaten Pulang Pisau, kemudian yang 2 orang lagi dikembalikan kepada pemerintah desa dan keluarganya," ungkap Kepala DPMDSos Barito Timur, Barnusa, Senin 23 Mei 2022.

Meski demikian 2 ODGJ tersebut tetap dalam pemantauan DPMDSos walaupun kewenangan penanganan diserahkan ke pemerintah desa dan aparatur keamanan di tingkat desa.

"Dinsos sosial akan terus memantau dan melihat laporan dari desa bagaimana penanganan ODGJ itu," katanya.

Dia menjelaskan penanganan yang dilakukan DPMDSos selama ini berdasarkan laporan yang disampaikan pemerintah desa, kemudian laporan tersebut diverifikasi dan divalidasi oleh petugas dari DPMDSos.

"Jadi laporan dari laporan itulah yang kami verifikasi dan validasi untuk mengetahui bahwa apakah ODGJ itu berasal dari keluarga mampu atau tidak," ujarnya.

Jika ODGJ dimaksud berasal dari keluarga yang mampu secara ekonomi, lanjut Barnusa, maka DPMDSos hanya melakukan pendampingan untuk di rujuk ke RSJ, sedangkan biaya ditanggung oleh keluarganya.

"Jadi sekalipun mampu, tanpa pendampingan atau surat keterangan dari dinas sosial maka tidak akan dilayani di RSJ Kalawah Atei," terangnya.

Kemudian jika ODGJ itu berasal dari keluarga tidak mampu maka akan ditangani oleh pemerintah daerah melalui DPMDSos.

"Memang kita sangat terbatas dalam hal sarana pendukung namun kita mencoba untuk melakukan yang terbaik karena ini berkaitan dengan kemanusiaan," katanya. (BOLE MALO/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru